Aceh adalah sebuah provinsi dimana provinsi tersebut terletak di ujung Indonesia atau Sabang Indonesia. Seperti biasa, Indonesia menawarkan banyak sekali tempat wisata, baik tempat wisata edukasi, berupa museum, atau desa kerajinan hingga wisata alam yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya.

Anda akan dibuat takjub dengan berbagai keindahan alam yang dimiliki negara kita. Disini saya akan memberikan beberapa tempat yang sangat wajib untuk anda kunjungi. Dimanakah tempat yang saya sarankan memiliki sejarah menjadi ikon provinsi ini.

BACA JUGA :

Tempat Wisata Terpopuler Di Bangka Belitung

Berikut inilah Nama Tempat Wisata Di Aceh :

Nama Tempat Wisata Di Aceh

1. MUSEUM TSUNAMI ACEH

Apakah Anda tahu tempat ini? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tempat ini disebut museum tsunami? Ada apa di balik museum tsunami? Apakah museum berbicara tentang tsunami di sana? Di sini saya akan menjawab semua pertanyaan Anda secara singkat.

Jadi museum tsunami ada di ujung aceh. Lokasinya tidak jauh dari pusat tsunami saat itu. Perlu Anda ketahui bahwa museum ini dibuat untuk memperingati masa tersulit dan bersejarah dari bencana alam terparah yang pernah ada. Selain itu, sebagai peringatan bagi korban tsunami.

Di dalam, nama-nama para korban terukir di dinding museum. Selain digunakan sebagai situs bersejarah, juga digunakan sebagai situs pendidikan gempa dan tsunami.

Saat ini, tsunami besar dan dahsyat melanda Aceh, meski menelan banyak korban jiwa dan menghancurkan seluruh pemukiman di benua itu. Pada tahun 2004, Aceh mengalami salah satu tsunami terbesar di dunia, menurut sejarahnya.

Saat itu, tsunami Aceh menewaskan 230.000 orang. Kala itu, gempa berkekuatan 9,1 SR mengguncang Sumatera Barat pada kedalaman 30 meter, dan tsunami setinggi 50 meter melanda benua Meulaboh (Aceh).

Jam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Rp 3.000 untuk anak-anak, pelajar dan mahasiswa Rp dari Rp 3.000. untuk dewasa dan Rp 10.000. dengan harga tiket untuk turis asing. Terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, kec. Baiturrahman, Banda Aceh.

2. MASJID RAYA BAITURRAHMAN ACEH

Masjid merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat peribadatan umat Islam. Masjid adalah tempat suci bagi umat Islam. Yang biasa dilakukan umat Islam di masjid ini adalah dengan menunaikan shalat wajib lima waktu, yaitu pada waktu subuh, dzuhur, ashar, dan maghrib.

Tahukah kamu masjid pada gambar di atas? Masjid tersebut pada saat itu selamat dari tsunami Aceh 2004, hadiah dari Tuhan untuk umat Islam. Tempat ini digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat berlindung dari tsunami besar.

Karena keajaiban yang bisa didapatkan dari masjid ini. Pengungsi di daerah itu kemudian bisa lolos dari tsunami. Setelah tsunami, pemerintah membangun kembali masjid. Tempat ini juga dijadikan ikon di provinsi Aceh.

Bahkan, tempat ini pernah terbakar pada April 1873 di bawah pimpinan Jenderal Khohler, seorang tentara Belanda yang tewas. Untuk meredakan kemarahan penduduk setempat saat itu, Belanda membangun kembali masjid yang pernah terbakar.

Saat itu pemerintahan Aceh dipimpin oleh Sultan Muhammad Daud Syah Johan yang menjadi Sultan Aceh terakhir.

Tiket masuk ke tempat ini gratis atau terbuka untuk semua pengunjung. Masjid ini juga bisa digunakan untuk beribadah sekaligus. Terletak di Jl. Moh. Jam No.1. Kp. Baru. tetangga. Baiturrahman, Aceh.

Setelah sudah ingin berkunjung liburan ke aceh ataupun ingin berwisata tour ke aceh, Lengkapi liburan kalian dengan mendatangi tempat tersebut.

Terimakasih, Selamat berkunjung.

BACA JUGA :

Tempat Wisata Bagus Di Lampung